Kamis, 15 Agustus 2019

PENATALAKSANAAN KURATIF TERBATAS

A. LATAR BELAKANG 
 PENATALAKSANAAN KURATIF TERBATAS
Desinfektan Desinfektan merupakan bahan kimia yang dapat membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme pada permukaan benda mati. Suatu desinfektan yang baik harus memenuhi persyaratan dalam waktu singkat dapat mendesinfeksi, mempunyai spektrum aktivitas antimikroba yang luas, mempunyai daya tahan lama, tidak bersifat toksik, dan dapat ditoleransi kulit. 
Desinfektan dengan konsentrasi tertentu dapat mematikan mikroorganisme penyebab penyakit dengan cara merusak struktur dinding sel, mengubah permeabilitas membran sel, mengadakan perubahan molekul-molekul protein dan asam nukleat atau dapat pula menghambat sintesis asam nukleat dan protein.
 Desinfeksi adalah proses menghancurkan organisme patogen yang menyebabkan infeksi namun tidak mematikan sporanya dengan menggunakan panas,bahan kimia, atau keduanya yang dilakukan terhadap benda mati. Bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati.Desinfeksi permukaan dilakukan pada dental unit, kabinet, tuba dan pipa, serta handpiece dan instrumen tangan. Desinfeksi dilakukan apabila sterilisasi sudah tidak mungkin dikerjakan, meliputi : penghancuran dan pemusnahan mikroorganisme patogen yang ada tanpa tindakan khusus untuk mencegah kembalinya mikroorganisme tersebut.  
 Desinfektan peralatan setelah pembilasan dapat dilakukan dengan beberapa metode. Metode pertama adalah meletakkan alat pada suatu keranjang, kemudan merendamnya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bahan senitaiser seperti klorin.Secara garis besar desinfektan digolongkan dalam tiga kategori tergantung pada kemampuan desinfektan tersebut dalam membunuh organisme yaitu desinfektan tingkat tinggi, desinfektan tingkat sedang dan desinfektan tingkat rendah.
B. TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian desinfektan di klinik gigi
 2. Untuk mengetahui macam dan jenis desinfektan di klinik gigi
3. Untuk mengetahui mekanisme kerja desinfektan di klinik gigi
4. Untuk mengetahui manfaat desinfektan di klinik gigi
DAFTAR PUSTAKA
1. Nora Dwi Purwanti,2016,Jenis-jenis desinfektan,Semarang.
2. Pelczar, Michael J dan Chan, E. C. S. 2007. Dasar-Dasar Mikrobiologi Jilid I. Jakarta: UI Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar